Jumat, 12 Juni 2015

Tutorial Membuat Game Ular Klasik dengan GAME MAKER



Tutorial Membuat Game Ular Klasik dengan GAME MAKER

Di bawah ini merupakan langkah - langkahnya
1. Buka Game Maker Versi 8.0 Pro
2. Buat Sebuah Sprites
3. Pilih pada Menu Sprites
4. Klik Kanan, lalu pilih Create Sprite
5. Isikan pada Name menjadi "spr_lantai" (untuk membuat lantai nya)
6. Lalu pilih Edit Sprite
7. Buat Sprite baru dengan mengklik "Create a new sprite"
8. Lalu Pilih Width=32 dan Height=32
9. Klik Ok
10. Lalu kita akan mengedit gambar sprite tersebut, dengan mengklik 2x pada gambar tersebut
11. Pilih Draw A Rectangle untuk membuat sebuah kotak
12. Pilih warna Putih pada Right
13. Tarik dan buat sebuhah kotak
14. Pilih Draw a Rectangle untuk mempertebal garis pada kotak
15. Pilih Size nya yang agak tebal
16. Pilih Shape yang hitam di dalamnya
17. Pilih tanda ceklis hijau di sebelah kiri
18. Pilih tanda ceklis hijau di sebelah kiri
19. Pilih OK
20. Kita Buat kembali Sprite baru (spr_point dan spr_tombol)
21. Pilih pada Menu Sprites
22. Klik Kanan, lalu pilih Create Sprite
23. Lalu pilih Edit Sprite
24. Buat Sprite baru dengan mengklik "Create a new sprite"
25. Lalu isikan Width=32 dan Height=32
26. Klik OK
27. Lalu kita akan mengedit gambar sprite tersebut, dengan mengklik 2x pada gambar tersebut
28. Pilih Draw An Ellipse untuk membuat sebuah lingkaran
29. Pilih Size yang seperti titik
30. Pilih Shape yang tengah dan pinggirnya hitam
31. Dengan Right yang berwarna Merah
32. Pilih tanda ceklis hijau di sebelah kiri
33. Pilih tanda ceklis hijau di sebelah kiri
34. Isikan pada Name menjadi "spr_point" (untuk membuat poin nya)
35. Klik OK
36. Lalu kita akan membuat makanannya
37. Pilih pada Menu Sprites
38. Klik Kanan, lalu pilih Create Sprite
39. Lalu pilih Edit Sprite
40. Buat Sprite baru dengan mengklik "Create a new sprite"
41. Lalu isikan Width=32 dan Height=32
42. Klik OK
43. Lalu kita akan mengedit gambar sprite tersebut, dengan mengklik 2x pada gambar tersebut
44. Pilih Draw a Rectangle untuk menggambarkan Kotak
45. Pilih Size yang titik satu hehe
46. Pilih Shape yang pinggiran dan tengahnya berwarna gelap
47. Pilih tanda ceklis hijau di sebelah kiri
48. Pilih tanda ceklis hijau di sebelah kiri
49. Klik OK
50. Isikan pada Name menjadi "spr_tombol"
51. Pembuatan Sprite sudah selesai
52. Save pada Folder yang aman                       
53. Klik Save
54. Pada Folder Fonts Klik kanan Create Font
55. Pada Name isikan = "font01"
56. Pada Font pilih = "Comic Sains MS"
57. Pada Size isikan ="17"
58. Centang tulisan Bold
59. Pada Character Range isikan = "65" till "122"
60. Klik OK
61. Pilih pada Folder Background
62. Klik Kanan pada Folder Background
63. Pilih Create Background
64. Pada Name isikan = "bg_pesan"
65. Pilih Edit Background
66. Pilih Create New Image
67. Lalu isikan Width=425 dan Height=175
68. Klik OK
69. Draw Rectangle dengan warna Merah dan Putih
70. Gambar ini menandakan bahwa ketika kita kalah
71. Pilih Draw Text
72. Isikan "Game Ular Klasik Master 2000"
73. Klik OK
74. Pilih Font Klik Button "Aa"
75. Pada Font Pilih "Comic Sans MS"
76. Pada Font Style Pilih "Bold"
77. Pada Size Pilih "11"
78. Klik OK
79. Pilih Draw Text
80. Isikan "Kamu Kalah !!!!!"
81. Klik OK
82. Pilih Draw Text
83. Isikan "Pengen Ngulang Lagi Nggak?"
84. Klik OK
85. Pilih Font Klik Button "Aa"
86. Pada Font Pilih "Comic Sans MS"
87. Pada Font Style Pilih "Bold"
88. Pada Size Pilih "20"
89. Klik OK
90. Pilih tanda ceklis hijau di sebelah kiri
91. Klik OK
92. Pilih pada Folder Rooms
93. Klik Kanan pada Folder Rooms
94. Pilih Create Rooms
95. Pada Menu Settings Isikan "room"
96. Pada Menu Caption for the room "Game Ular Klasik Master 2000"
97. Pilih MEnu Objects
98. Isikan Pada Snap X=32 dan Snap Y=32
99. Klik Save
100. Pilih pada Folder Objects
101. Klik Kanan pada Folder Objects
102. Pilih Create Objects
103. Isikan pada Name "obj_mlantai"
104. Pilih pada menu Sprite "spr_lantai"
105. Pilih Add Event
106. Pilih Create
107. Drag and Drop event yang akan kita gunakan
108. Ketikkan kode image_blend=16777215
109. Klik OK
110. Klik OK
111. Pada Folder Room, ganti Object to add , manjadi obj_mlantai
112. Tekan Shit dan klik kiri mouse untuk membuat kotak lantai
113. Pilih pada Folder Objects
114. Klik Kanan pada Folder Objects
115. Pilih Create Objects
116. Isikan Name Objects = "obj_kepala"
117. Add Event Pilih Create
118. Masukkan Source Kode
119. Ketikkan :
     image_blend-255;
     dir=0;
     lv=10;
     sp=4;
     can_move=true;
120. Klik OK
121. Klik Add Event pilih Destoy
122. Ketikkan kode
     effect_create_above(ef_ring,x+15,y+15,2,255);
     sound_play(sd_kalah);
     instance_create(x,y,obj_berakhir);
     background_color=255;
123. Klik Add Event pilih Alarm 0
124. Ketikkan pada Source Code :
     can_move=true;
125. Add Event Pilih Step
126. Tambahkan Source Code dan masukkan
     if (can_move=true)
     {
     if (dir=0) x=x+32;
     if (dir=180) x=x-32;
     if (dir=90) y=y-32;
     id (dir=270) y=y+32;
     can_move=false;
     alarm[0]=sp;
     }

     if (x<0 or x>608 or y<0 or y>448)
     instance_destroy();
127. Klik OK
128. Add Event, Pilih Collection dan pilih obj_mlantai
129. Masukkan Source Code
     with (other) instance_change(obj_tubuh,1);
130. Klik OK
131. Add Event, Pilih Key Press pilih Left
132. Masukkan SOurce Code
     if !(dir=0) dir=180;
133. Klik OK
134. Add Event, Pilih Key Press Pilih Right
135. Masukkan SOurce Code
     if !(dir=180) dir=0;
136. Klik OK
137. Add Event, Pilih Key Press Pilih UP
138. Masukkan SOurce Code
     if !(dir=270) dir=90;
139. Klik OK
140. Add Event, Pilih Key Press Pilih DOWN
141. Masukkan SOurce Code
     if !(dir=90) dir=270;
142. Klik OK
143. Klik OK
144. Pilih pada Folder Objects
145. Klik Kanan pada Folder Objects
146. Pilih Create Objects
147. ISikan Name =obj_point
148. Pilih pada Sprite dengan nama spr_point
149. Pilih Add Event, pilih Create
150. Isikan pada Source Code :
     image_blend=255;
151. Pilih pada Folder Objects
152. Klik Kanan pada Folder Objects
153. Pilih Create Objects
154. Isikan Name =obj_tubuh
155. Pilih pada Sprite dengan nama spr_lantai
156. Add Event, Pilih Crate
157. Isikan pada Source Code :
     image_blend=255;
     can_kill=false;
     alarm[0]=5;
     alarm[1]=obj_kepala.lv;
     sound_play(sd_jalan);
158. Klik OK
159. Add Event, Pilih Alarm 0
160. Isikan pada Source Code :
     can_kill=true;
161. Klik OK
162. Add Event, Pilih Alarm 1
163. Isikan pada source code :
     instance_change(obj_mlantai,1);
164. Klik OK
165. Add Event Pilih Step lalu Step
166. Isikkan SOurce Code :
     if (instance_number(onj_kepala)=0)
     {
     effect_create_above(ef_ring,x+15,y+15,2,255);
     instance_desroy();
     }
167. Klik OK
168. Add Event, Pilih Collisition data
169. Pilih obj_point
170. Isikan SOurce Code : with (other) instance_destroy();
171. Klik OK
172. Klik OK
173. Isikan Name =obj_berakhir
174. Pilih pada Sprite dengan nama obj_berakhir
175. Add Event, Pilih Alarm 0
176. Isikan pada Source Code :
     highscore_set_border(1);
     highsocre_set_colors(16567549,c_red,c_black);
     highscore_set_font("Comic Sains MS",15,1);
     highscore_show(score);
    
     message_background(bg_pesan);
     message_button(spr_tombol);
     message_size(340,100);
     if (show_question(""))
     (
     score=0;
     room_restart();
     )
     else
     game_end();
177. Klik OK
178. Add Event, Pilih Create
179. Masukkan Source Code :
     alarm[0]=25;
180. Klik OK
181. Klik OK
182. Klik Save
183. Pilih pada Folder Objects
184. Klik Kanan pada Folder Objects
185. Pilih Create Objects
186. Isikan oada Name = obj_kontrol
187. Add Event, Pilih Create
188. Isikan Source Code :
     instance_create(32*round(random(9)),32*round(random(14)),obj_kepala);
189. Klik OK
190. Add Event, Pilih Step dan Step
191. Masukkan Sorce Code :
     if (instance_number(obj_point)=0)
     instance_create(32*round(random(19)),32*round(random(14)),obj_point);
192. Klik OK
193. Add Event, Pilih Draw
194. Isikan Source Code :
     show_score=1;
     caption_score=" Sekor Kamu: ";
195. Klik OK
196. Klik OK
197. Pilih Pada Folder Room dan buka
198. Pilih object to add with left mouse "obj_control"
199. Klik di sembarang Tempat
200. Klik OK
201. Pilih Folder Sounds
202. Klik Kanan dan Create Sound
203. Nama isikan = sd_jalan
204. Pilih Loud Sound dan masukkan suara yang akan di masukkan sesuka kalian
205. Klik OK
206. Pilih Folder Sounds
207. Klik Kanan dan Create Sound
208. Nama isikan = sd_kalah
209. Masukkan dengan pilih Load,
210. Klik Ok
211. Klik Save
212. Pilih Folder Objects
213. obj_kepala klik 2 kali
214. add event collision obj_point
215. Isikan Souce Code :
     lv+=5;
     score+=5;
216. Klik OK
217. Run The Game
218. Pilih Create Stand Alone exe
219. Maka game sudah jadi exe maka tinggal di mainnkan


SUMBER :

https://www.youtube.com/watch?v=R5OA42WZodw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar