Tutorial Membuat
Game Ular Klasik dengan GAME MAKER
Di bawah ini
merupakan langkah - langkahnya
1. Buka Game Maker
Versi 8.0 Pro
2. Buat Sebuah
Sprites
3. Pilih pada Menu
Sprites
4. Klik Kanan, lalu
pilih Create Sprite
5. Isikan pada Name
menjadi "spr_lantai" (untuk membuat lantai nya)
6. Lalu pilih Edit
Sprite
7. Buat Sprite baru
dengan mengklik "Create a new sprite"
8. Lalu Pilih
Width=32 dan Height=32
9. Klik Ok
10. Lalu kita akan
mengedit gambar sprite tersebut, dengan mengklik 2x pada gambar tersebut
11. Pilih Draw A
Rectangle untuk membuat sebuah kotak
12. Pilih warna
Putih pada Right
13. Tarik dan buat
sebuhah kotak
14. Pilih Draw a
Rectangle untuk mempertebal garis pada kotak
15. Pilih Size nya
yang agak tebal
16. Pilih Shape
yang hitam di dalamnya
17. Pilih tanda
ceklis hijau di sebelah kiri
18. Pilih tanda
ceklis hijau di sebelah kiri
19. Pilih OK
20. Kita Buat
kembali Sprite baru (spr_point dan spr_tombol)
21. Pilih pada Menu
Sprites
22. Klik Kanan,
lalu pilih Create Sprite
23. Lalu pilih Edit
Sprite
24. Buat Sprite
baru dengan mengklik "Create a new sprite"
25. Lalu isikan
Width=32 dan Height=32
26. Klik OK
27. Lalu kita akan
mengedit gambar sprite tersebut, dengan mengklik 2x pada gambar tersebut
28. Pilih Draw An
Ellipse untuk membuat sebuah lingkaran
29. Pilih Size yang
seperti titik
30. Pilih Shape
yang tengah dan pinggirnya hitam
31. Dengan Right
yang berwarna Merah
32. Pilih tanda ceklis
hijau di sebelah kiri
33. Pilih tanda
ceklis hijau di sebelah kiri
34. Isikan pada
Name menjadi "spr_point" (untuk membuat poin nya)
35. Klik OK
36. Lalu kita akan
membuat makanannya
37. Pilih pada Menu
Sprites
38. Klik Kanan,
lalu pilih Create Sprite
39. Lalu pilih Edit
Sprite
40. Buat Sprite
baru dengan mengklik "Create a new sprite"
41. Lalu isikan
Width=32 dan Height=32
42. Klik OK
43. Lalu kita akan
mengedit gambar sprite tersebut, dengan mengklik 2x pada gambar tersebut
44. Pilih Draw a
Rectangle untuk menggambarkan Kotak
45. Pilih Size yang
titik satu hehe
46. Pilih Shape
yang pinggiran dan tengahnya berwarna gelap
47. Pilih tanda
ceklis hijau di sebelah kiri
48. Pilih tanda
ceklis hijau di sebelah kiri
49. Klik OK
50. Isikan pada
Name menjadi "spr_tombol"
51. Pembuatan
Sprite sudah selesai
52. Save pada
Folder yang aman
53. Klik Save
54. Pada Folder
Fonts Klik kanan Create Font
55. Pada Name
isikan = "font01"
56. Pada Font pilih
= "Comic Sains MS"
57. Pada Size
isikan ="17"
58. Centang tulisan
Bold
59. Pada Character
Range isikan = "65" till "122"
60. Klik OK
61. Pilih pada
Folder Background
62. Klik Kanan pada
Folder Background
63. Pilih Create
Background
64. Pada Name
isikan = "bg_pesan"
65. Pilih Edit
Background
66. Pilih Create
New Image
67. Lalu isikan
Width=425 dan Height=175
68. Klik OK
69. Draw Rectangle
dengan warna Merah dan Putih
70. Gambar ini
menandakan bahwa ketika kita kalah
71. Pilih Draw Text
72. Isikan
"Game Ular Klasik Master 2000"
73. Klik OK
74. Pilih Font Klik
Button "Aa"
75. Pada Font Pilih
"Comic Sans MS"
76. Pada Font Style
Pilih "Bold"
77. Pada Size Pilih
"11"
78. Klik OK
79. Pilih Draw Text
80. Isikan
"Kamu Kalah !!!!!"
81. Klik OK
82. Pilih Draw Text
83. Isikan
"Pengen Ngulang Lagi Nggak?"
84. Klik OK
85. Pilih Font Klik
Button "Aa"
86. Pada Font Pilih
"Comic Sans MS"
87. Pada Font Style
Pilih "Bold"
88. Pada Size Pilih
"20"
89. Klik OK
90. Pilih tanda
ceklis hijau di sebelah kiri
91. Klik OK
92. Pilih pada
Folder Rooms
93. Klik Kanan pada
Folder Rooms
94. Pilih Create
Rooms
95. Pada Menu
Settings Isikan "room"
96. Pada Menu
Caption for the room "Game Ular Klasik Master 2000"
97. Pilih MEnu
Objects
98. Isikan Pada
Snap X=32 dan Snap Y=32
99. Klik Save
100. Pilih pada
Folder Objects
101. Klik Kanan pada
Folder Objects
102. Pilih Create
Objects
103. Isikan pada
Name "obj_mlantai"
104. Pilih pada
menu Sprite "spr_lantai"
105. Pilih Add
Event
106. Pilih Create
107. Drag and Drop
event yang akan kita gunakan
108. Ketikkan kode
image_blend=16777215
109. Klik OK
110. Klik OK
111. Pada Folder
Room, ganti Object to add , manjadi obj_mlantai
112. Tekan Shit dan
klik kiri mouse untuk membuat kotak lantai
113. Pilih pada
Folder Objects
114. Klik Kanan
pada Folder Objects
115. Pilih Create
Objects
116. Isikan Name
Objects = "obj_kepala"
117. Add Event
Pilih Create
118. Masukkan
Source Kode
119. Ketikkan :
image_blend-255;
dir=0;
lv=10;
sp=4;
can_move=true;
120. Klik OK
121. Klik Add Event
pilih Destoy
122. Ketikkan kode
effect_create_above(ef_ring,x+15,y+15,2,255);
sound_play(sd_kalah);
instance_create(x,y,obj_berakhir);
background_color=255;
123. Klik Add Event
pilih Alarm 0
124. Ketikkan pada
Source Code :
can_move=true;
125. Add Event
Pilih Step
126. Tambahkan Source
Code dan masukkan
if (can_move=true)
{
if (dir=0) x=x+32;
if (dir=180) x=x-32;
if (dir=90) y=y-32;
id (dir=270) y=y+32;
can_move=false;
alarm[0]=sp;
}
if (x<0 or x>608 or y<0 or
y>448)
instance_destroy();
127. Klik OK
128. Add Event,
Pilih Collection dan pilih obj_mlantai
129. Masukkan
Source Code
with (other) instance_change(obj_tubuh,1);
130. Klik OK
131. Add Event,
Pilih Key Press pilih Left
132. Masukkan
SOurce Code
if !(dir=0) dir=180;
133. Klik OK
134. Add Event,
Pilih Key Press Pilih Right
135. Masukkan
SOurce Code
if !(dir=180) dir=0;
136. Klik OK
137. Add Event,
Pilih Key Press Pilih UP
138. Masukkan
SOurce Code
if !(dir=270) dir=90;
139. Klik OK
140. Add Event,
Pilih Key Press Pilih DOWN
141. Masukkan
SOurce Code
if !(dir=90) dir=270;
142. Klik OK
143. Klik OK
144. Pilih pada
Folder Objects
145. Klik Kanan
pada Folder Objects
146. Pilih Create
Objects
147. ISikan Name
=obj_point
148. Pilih pada
Sprite dengan nama spr_point
149. Pilih Add
Event, pilih Create
150. Isikan pada
Source Code :
image_blend=255;
151. Pilih pada
Folder Objects
152. Klik Kanan
pada Folder Objects
153. Pilih Create
Objects
154. Isikan Name
=obj_tubuh
155. Pilih pada
Sprite dengan nama spr_lantai
156. Add Event,
Pilih Crate
157. Isikan pada
Source Code :
image_blend=255;
can_kill=false;
alarm[0]=5;
alarm[1]=obj_kepala.lv;
sound_play(sd_jalan);
158. Klik OK
159. Add Event,
Pilih Alarm 0
160. Isikan pada Source
Code :
can_kill=true;
161. Klik OK
162. Add Event,
Pilih Alarm 1
163. Isikan pada
source code :
instance_change(obj_mlantai,1);
164. Klik OK
165. Add Event
Pilih Step lalu Step
166. Isikkan SOurce
Code :
if (instance_number(onj_kepala)=0)
{
effect_create_above(ef_ring,x+15,y+15,2,255);
instance_desroy();
}
167. Klik OK
168. Add Event,
Pilih Collisition data
169. Pilih
obj_point
170. Isikan SOurce
Code : with (other) instance_destroy();
171. Klik OK
172. Klik OK
173. Isikan Name
=obj_berakhir
174. Pilih pada
Sprite dengan nama obj_berakhir
175. Add Event,
Pilih Alarm 0
176. Isikan pada
Source Code :
highscore_set_border(1);
highsocre_set_colors(16567549,c_red,c_black);
highscore_set_font("Comic Sains
MS",15,1);
highscore_show(score);
message_background(bg_pesan);
message_button(spr_tombol);
message_size(340,100);
if (show_question(""))
(
score=0;
room_restart();
)
else
game_end();
177. Klik OK
178. Add Event,
Pilih Create
179. Masukkan
Source Code :
alarm[0]=25;
180. Klik OK
181. Klik OK
182. Klik Save
183. Pilih pada
Folder Objects
184. Klik Kanan
pada Folder Objects
185. Pilih Create
Objects
186. Isikan oada
Name = obj_kontrol
187. Add Event,
Pilih Create
188. Isikan Source
Code :
instance_create(32*round(random(9)),32*round(random(14)),obj_kepala);
189. Klik OK
190. Add Event,
Pilih Step dan Step
191. Masukkan Sorce
Code :
if (instance_number(obj_point)=0)
instance_create(32*round(random(19)),32*round(random(14)),obj_point);
192. Klik OK
193. Add Event,
Pilih Draw
194. Isikan Source
Code :
show_score=1;
caption_score=" Sekor Kamu: ";
195. Klik OK
196. Klik OK
197. Pilih Pada
Folder Room dan buka
198. Pilih object
to add with left mouse "obj_control"
199. Klik di
sembarang Tempat
200. Klik OK
201. Pilih Folder
Sounds
202. Klik Kanan dan
Create Sound
203. Nama isikan =
sd_jalan
204. Pilih Loud
Sound dan masukkan suara yang akan di masukkan sesuka kalian
205. Klik OK
206. Pilih Folder
Sounds
207. Klik Kanan dan
Create Sound
208. Nama isikan =
sd_kalah
209. Masukkan
dengan pilih Load,
210. Klik Ok
211. Klik Save
212. Pilih Folder
Objects
213. obj_kepala
klik 2 kali
214. add event
collision obj_point
215. Isikan Souce
Code :
lv+=5;
score+=5;
216. Klik OK
217. Run The Game
218. Pilih Create
Stand Alone exe
219. Maka game
sudah jadi exe maka tinggal di mainnkan
SUMBER :
https://www.youtube.com/watch?v=R5OA42WZodw
Tidak ada komentar:
Posting Komentar